© Wawan d.r. Powered by Blogger.

About Me

Just Follow @wandrachman
RSS

Belajar Pemrograman PowerBuilder

Permisi Omom dan para master Programming,

Sebelumnya disini saya tekankan kalau saya ini baru belajar pemrograman PowerBuilder jadi masih sedikit akan pengetahuannya, diharapkan dengan adanya thread ini bisa lebih meningkatkan pengetahuan kita tentang bahasa pemrograman PowerBuilder 

Sepertinya masih sedikit para peminat pemrograman PowerBuilder, disini mungkin bisa dijadikan ajang sharing ilmu pengetahuan khususnya bahasa pemrograman PowerBuilder atau yang biasa disebut dengan PB.

Just a brief, secara umum PB ini seperti Visual Basic namun menurut saya lebih user friendly karena lebih mudah dalam melakukan pengembangan suatu aplikasi bisnis dengan lebih cepat. Fitur unggulan yang ada didalam PB adalah Fitur Datawindow, dengan fitur ini kemampuan mengolah data sangat powerfull.

Sekali lagi saya tekankan isi yang ada disini saya kutip dari berbagai referensi. 
Sedikit kutipan yang saya ambil dari salah satu buku PowerBuilder.

PowerBuilder adalah sebuah enterprise develoment tool untuk membuat aplikasi database secara visual seperti aplikasi client/server (window base), multi user dan aplikasi internet (web base) dengan metode Rapid Aplication Development (RAD) — metodelogi pengembangan aplikasi dengan cepat.

PowerBuilder begitu mudah digunakan. Apabila Anda membuat aplikasi dengan develoment tool lainnya (seperti VB, Delphi dll), misalnya butuh waktu 3 bulan, maka dengan PowerBuilder Anda bisa menyelesaikannya dalam tempo 1 bulan atau bisa kurang. Aplikasi client/server yang Anda buat dapat langsung dideploy menjadi aplikasi web base yang dapat jalan secara online di browser.

Dengan PowerBuilder Anda bisa membuat aplikasi .NET lebih dan tanpa harus belajar .NET. Selain itu, PowerBuilder juga mendukung pemrograman dengan multi database dengan platform yang berbeda yang dapat digunakan secara langsung dalam satu aplikasi.

Kenapa harus dengan PowerBuilder?:
1. Cepat dan mudah membuat aplikasi Sistem Informasi (database).
2. Aplikasi Client/Server dapat langsung dideploy menjadi aplikasi Online / Web Base.
3. Membuat Aplikasi .NET tanpa harus belajar .NET.
4. SmartClient (auto update).

beberapa link yang bisa dipakai untuk referensi :

Code:
http://powerbuilderworld.blogspot.com

http://www.sybase.com/products/model...t/powerbuilder

http://mztolo.irenk.com/

www.pbdr.com

http://www.indopb.com/

http://powertothebuilder.com/


Untuk lebih lengkapnya dipraktekin sendiri aja yah, nanti kalau masih ada yang belum jelas disharing disini aja tapi jangan yang susah-susah yah, kan saya juga masih belajar 
sebagai informasi sedikit saya menggunakan PowerBuilder 8.0 dan databasenya Oracle 
tau Oraclenya cuma perintah select, insert sama update doank 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment